Anggota Komisi X DPR RI Irine Yusiana Roba Putri mengusulkan masuknya pendidikan literasi digital di dalam kegiatan yang diprogramkan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Pasalnya, dengan kemajuan teknologi internet saat ini, dan ancaman dari internet yang tidak sehat dikhawatirkan dapat merusak pemuda sebagai generasi bangsa.

Demikian ditekankan legislator F-PDI Perjuangan itu saat rapat kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi beserta jajaran, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (18/9/2017). Raker dipimpin Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya (F-PD).

“Kita tahu, penyebaran kebencian, hoaks, hingga penggunaan internet untuk konsumsi daripada produksi, itu adalah salah satu yang sangat mengkhawatirkan penggunaan internet bagi pemuda. Saya rasa kata kunci untuk menjawab tantangan pemuda dan internet ini adalah literasi digital,” kata Irine.

Bahkan menurutnya, literasi digital sudah dijadikan kurikulum formal pada dunia pendidikan di beberapa negara maju. Apalagi, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa 50 persen waktu pemuda dihabiskan di depan gawai (gadget).

“Saya usulkan kegiatan yang telah disusun oleh Kemenpora, ada menyinggung mengenai literasi digital. Karena pandangan saya, hal ini sangat penting untuk kita bisa menggunakan internet secara sehat. Sehingga pemuda kita tidak hanya menggunakan internet hanya semata-mata untuk konsumsi. namun juga bisa memproduksi konten positif,” imbuh Irine.

Politisi asal dapil Maluku Utara itu mengulas, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang dipaparkan Menpora bahwa pemerintah ingin meningkatkan partisipasi pemuda di berbagai bidang, terutama di bidang sosial, politik, ekonomi, budaya dan agama.

“Penetrasi internert di Indonesia saat ini sudah sangat tinggi, dimana ini bisa kita lihat sebagai kesempatan yang baik, sekaligus juga membawa resiko yang sama besarnya juga. Literasi digital ini sangat penting menurut saya, karena memang masa depan bangsa ini di tentukan salah satunya bagaimana interaksi warganet dengan kemajuan teknologi. (*/ind)