Presiden Joko Widodo resmi melantik Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Upacara pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Jumat 17 April.

Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Setya Novanto, para menteri, dan pejabat negara lainnya menyaksikan pelantikan Badrodin. Pelantikan Badrodin sesuai Kepres Nomor 25 Tahun 2015.

“Mengangkat Badrodin sebagai Kepala Kepolisian RI. Keputusan ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat,” begitu bunyi Kepres tersebut.

Presiden Jokowi kemudian mengambil sumpah Badrodin. Poin sumpah jabatan di antaranya tidak akan memberi atau menerima hadiah atau janji apapun. Badrodin juga bersumpah akan menyimpan rahasia negara dan setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tidak langsung dengan dalil apa pun tidak memberi atau menyanggupi akan memeberi sesuatu kepada siapapun,” kata Badrodin.

“Saya tidak akan menerima hadiah atau pemberian berupa apa saja dari siapa pun.”

Upacara pelantikan dibuka dan ditutup dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, Presiden memberi ucapan selamat kepada Badrodin, diikuti pejabat lainnya.

Badrodin menjadi kapolri menggantikan calon sebelumnya Komjen Budi Gunawan. Budi batal menjadi kapolri meski sudah ikut fit and proper test karena dia tersangkut masalah hukum. (mt/ind)