Partai Demokrat akan menyelengarakan kongres pada 11 sampai 13 Mei 2015 di Surabaya, Jawa Timur. Dalam hajat tersebut, nyatanya calon-calon lain bisa mengajukan diri menjadi calon ketua umum, selain Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal tersebut yang dikatakan oleh Ketua DPP Partai Demokrat Jafar Hafsah. Menurutnya, Marzuki Alie, Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns Soerio Soebagio (Sys NS), Gede Pasek Suardika, dan Ahmad Mubarok bisa maju menjadi calon.

“Kongres ini juga akan ada juga calon yang lain. Artinya kalau dalam kongres itu calon bisa memenuhi ketentuan, dan memnuhi syarat semua bisa mencalonkan,” ujar Jafar di Jakarta.

Namun, dalam hajat tersebut juga akan ada syarat dan ketentuan jika seseorang ingin mencalonkan diri menjadi ketua umum partai berlogo bintang mercy. Misalnya sudah memiliki dukungan berapa suara dari DPW, dan DPC.

“Misalkan kalau di bupati harus ada lima kursi suara, dan semua ada tata tertibnya nanti, baru bisa maju mencalonkan diri jadi ketua umum,” ungkapnya.

Ditambahkan, dalam hajat akbar itu ditegaskan Jafar, tidak didesain agar SBY terpilih secara aklamasi. Pasalnya, semua calon berhak maju asalkan memiliki dukungan suara.

(ris)