ua Majelis Pertimbangan Pusat PAN Amien Rais menyiratkan keinginannya agar Hatta Rajasa melepaskan jabatan ketua umum pada Kongres ke-IV PAN tahun ini dan masuk ke dalam jajaran Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PAN.

“Kalau tanya saya, saya cenderung sebaiknya (ketum) lima tahun cukup. Yang lebih senior (Hatta Rajasa) melambung ke MPP, junior (Zulkifli Hasan) ke ketumnya. Plotting saya seperti itu,” kata Amien Rais seusai menghadiri pembukaan Rakernas PAN 2015 di Jakarta, Rabu malam, (7/1/2015).

Amien mengatakan saat ini terdapat sedikitnya dua calon ketua umum PAN yang akan berkompetisi di Kongres ke-IV PAN, yakni Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Keduanya menurut dia, sudah seperti saudara.

“Terus terang agak sulit memilih diantara keduanya. Keduanya sama-sama punya pengalaman di eksekutif maupun legislatif,” kata Amien.

Tetapi menurut dia, apabila Hatta kembali menjabat ketua umum, maka tidak akan ada perubahan. Sementara apabila Zulkifli Hasan menjadi ketua umum maka akan ada pembaruan.

Sementara itu Hatta Rajasa enggan berkomentar atas pernyataan Amien Rais itu.

“No comment saya,” kata Hatta Rajasa.

Hal senada juga dilakukan Zulifkli Hasan yang meminta awak media untuk mewawancarai Hatta Rajasa saja ketimbang dirinya.

“Itu aja tuh (wawancara) sama pak Hatta,” kata Zulkifli.

Namun Zulkifli sempat membantah bahwa dukungan Amien Rais kepada dirinya lantaran apabila dirinya terpilih menjadi ketua umum maka anak kandung Amien Rais yakni Hanafi Rais yang juga menantu Zulkifli Hasan akan menjadi Sekjen PAN. (ant)