Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengucapkan sumpah jabatan mereka di hadapan Anggota Sidang Paripurna MPR dalam rangka Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Hasil Pemilu 2014.

“Bismillahirrahmanirrahim, demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Joko Widodo di Ruang Rapat Paripurna I Gedung Parlemen Senayan, Senin, 20 Oktober 2014.

Usai Jokowi, Jusuf Kalla kemudian mengucapkan sumpah sebagai Wapres.

“Bismillahirrahmanirrahim, demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Kalla.

Presiden Indonesia dari masa ke masa (Photo: Arbain Rambey)

Presiden Indonesia dari masa ke masa (Photo: Arbain Rambey)

Pengucapan sumpah jabatan kedua pemimpin baru Indonesia itu juga menjadi detik pengesahan peralihan kekuasaan dari pemerintahan Susilo Yudhoyono kepada Jokowi.

Sumpah Presiden ini menandai peresmian Jokowi menjabat sebagai Presiden ke-7 Indonesia setelah Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono. (ant/ind)