Indopolitika.com  Dalam debat Capres-Cawapres Pemilu 2014 terakhir, segmen keempat, Prabowo memberikan pernyataan Jokowi mengenai petani yang tidak butuh koperasi.

Menjawab pertanyaan Prabowo, Jokowi sedikit bercanda.

“Mungkin Bapak Prabowo salah baca atau salah dengar,” katanya, yang kemudian disambut tepuk tangan pada hadirin di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu, 5 Juli 2014.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan bahwa koperasi adalah soko guru ekonomi Indonesia, karenanya keberadaan koperasi mutlak diperlukan.

“Hanya masalahnya, ada beberapa hal di desa yang harus dituntaskan, terutama yang berkaitan dengan kelembagaan dan perangkat desa,” terang Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan bahwa desa harus bisa mandiri. Caranya dengan membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMD). “Bentuknya bisa koperasi atau dalam bentuk lain,” tuturnya.

Jokowi-Jk juga mencontohkan kemandirian desa bisa diwujudkan lewat pemusatan ternak subsidi sehingga produksinya bisa diarahkan secara efektif. “Hasilnya, desa bisa swasembada energi dan daging, semuanya lewat penguatan kelembagaan dan perangkat desa,” katanya. (vn/ind)