Senin (28/7), seluruh umat Muslim termasuk presiden terpilih Joko Widodo merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Bagi pemenang pemilu presiden (pilpres) 2014 yang kerap disapa Jokowi ini, lebaran dimaknai sebagai hari kemenangan.

“Hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa,” kata Jokowi kepada wartawan di kediaman pribadinya di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/7).

Hari lebaran juga dimaknai sebagai ajang silaturahmi bagi Jokowi dan keluarga. Apalagi, rutinitas kerja membuat Jokowi jarang bertemu dengan keluarga besarnya.

“Karena rutinitas nggak pernah ketemu keluarga, teman, sahabat,” ucap pria yang masih aktif menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini.

Ada yang berbeda dengan lebaran tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Statusnya sebagai presiden terpilih membuat Jokowi menjadi pusat perhatian masyarakat.

Tak ayal, banyak warga yang ingin bersilaturahmi dengan Jokowi dan keluarga. Seperti hari ini misalnya, meski belum lebaran, sejak pagi rumah Jokowi di Solo sudah dikunjungi warga baik dari dalam maupun luar kota.

“Ada yang dari Papua, Pekalongan, rombongan-rombongan,” ungkap Jokowi. yang didampingi oleh istrinya, Iriana.  (jp/ind)