Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengajak para simpatisannya mendukung pemerintahan Presiden terpilih Joko Widodo, selama programnya baik untuk rakyat.

“Saya sampaikan partai yang saya pimpin, teman-teman saya yang mendukung saya, saya minta untuk mendukung (pemerintahan) Joko Widodo,” kata Prabowo seusai menerima Jokowi di Rumah Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Oktober 2014.

Prabowo meyakini Jokowi berjiwa patriot dan sama-sama ingin menjaga keutuhan bangsa, nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dia mengatakan apabila dalam masa pemerintahan Jokowi ada hal-hal yang dinilai tidak menguntungkan bagi rakyat, maka dirinya beserta partai dan segenap simpatisan tidak segan menyampaikan kritikan.

“Itu yang saya sampaikan dan itu lah demokrasi,” kata Prabowo.

Prabowo mengaku merasa terhormat didatangi oleh Jokowi. Dalam pertemuan yang disebutnya penuh persahabatan itu, Prabowo mengaku mengucapkan selamat atas keterpilihan Jokowi sebagai Presiden.

Prabowo menyampaikan bahwa pertarungan politik wajar terjadi, yang terpenting menurutnya keinginan untuk kebaikan dan kesejahteraan rakyat.

“Semua pendukung saya tidak menganggap perbedaan politik dan pandangan politik menjadi sumber perpecahan. Kita satu nusa satu bangsa,” ujar Prabowo.

Terkait undangan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-Jusuf Kalla Senin, 20 Oktober 2014, Prabowo mengatakan bahwa undangan akan disampaikan pimpinan MPR kepada dirinya sore hari ini.

“Katanya nanti sore akan diantar pimpinan MPR. Sebagai seorang warga negara, seorang anak bangsa, kalau diundang itu wajib hadir. Tetapi saya ada masalah pribadi, saya harus ke luar negeri, namun kalau bisa saya selesaikan itu Minggu (19/10) malam, maka saya berusaha keras hadir,” papar Prabowo.

Pada hari ini Jokowi bertemu dengan Prabowo di kediaman almarhum ayah Prabowo di Rumah Kertanegara nomor IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pertemuan ini sejalan dengan rencana Jokowi menemui sejumlah petinggi partai menjelang pelantikannya sebagai Presiden terpilih. Sebelumnya Jokowi sudah bertemu dengan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dan petinggi PPP. (ant)