Bakal calon wakil presiden, Jusuf Kalla, meminta dukungan kepada ratusan relawannya. Dia menuturkan, di usianya yang tak lagi muda, inilah saat terakhirnya mengabdi untuk negara.

Kendati demikian, dia menyatakan semangatnya tak kalah dari anak muda. “Saat ini, umur saya 72 tahun, adalah masa terakhir saya untuk mengabdi untuk negara,” ujar JK dalam acara deklarasi Relawan Keluarga Nusantara Jokowi-JK di Hotel Sahid Jaya, Sabtu (24/5/2014).

Pria kelahiran 15 Mei 1942 itu pun lalu melanjutkan pidatonya dengan berseloroh soal umur. Menurutnya, umur bisa dibagi ke dalam tiga jenis yakni umur kalender, umur jasmani, dan umur semangat.

Untuk umur kalender, lanjut JK, adalah sebuah hitungan angka. Sementara umur fisik, terkait dengan ketahanan tubuh. JK mengaku memiliki kondisi yang fit. “Terbukti tadi pagi Balikpapan Samarinda, lalu pulangnya ke MetroTV, dan langsung ke sini,” kata Wakil Presiden periode 2004-2009 itu.

“Yang penting itu ada istri baik untuk menjaga kita jadi sehat,” tambah JK disambut gelak tawa relawannya.

Terakhir, JK menjelaskan soal umur semangat. Menurut dia, meski ada orang berusia muda, belum tentu memiliki semangat seperti dirinya dalam mengabdi untuk negara.

JK lantas mengimbau agar seluruh relawan bisa menyosialisasikan visi dan misi yang dibawa Jokowi dan dirinya. Dia mengingatkan bahwa berkampanye itu tidak mudah. “Ini sulit karena yang kita bawa adalah harapan. Sesuatu hal yang immmateril, tidak ada wujudnya. Semoga dengan kehadiran bapak-bapak semua bisa membawa perbuatan luar biasa bagi masyarakat untuk wujudkan cita-cita bersama,” papar JK.