Perdana Menteri Republik Demokratis Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao menerima penghargaan Bintang Adipurna dari pemerintah Indonesia karena dinilai berjasa dalam memperkokoh hubungan bilateral antara kedua negara.

“Atas nama rakyat Timor Leste, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kehormatan ini. Penghargaan ini untuk kontribusi kecil yang telah dibuat dalam penguatan hubungan antara kedua bangsa (Timor Leste dan Indonesia),” kata Xanana Gusmao saat menyampaikan pidato singkat dalam acara pemberian penghargaan tersebut di Bali, Jumat, (10/10).

Pemberian penghargaan Bintang Adipurna kepada Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao itu dilakukan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di sela-sela acara Forum Demkrasi Bali ketujuh (Bali Democracy Forum/BDF VII) yang dilaksanakan di Bali International Convention Center.

“Hari ini memang hari yang istimewa dan bermakna. Kita berkumpul di sini untuk menyaksikan satu tonggak lain dalam hubungan antara RI dan Republik Demokratis Timor Leste. Hari ini kita akan menyampaikan penghargaan Bintang Adipurna RI kepada Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao,” kata Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden SBY menyampaikan apresiasi kepada Xanana Gusmao, yang dianggap telah berjasa dalam penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste.

Menurut SBY, Xanana telah menunjukkan komitmen yang tinggi dan keseriusan dalam untuk membangun fondasi bagi hubungan bilateral antara kedua negara.

“Perdana Menteri Xanana Gusmao dan saya sudah sering bertemu dalam banyak kesempatan untuk membahas berbagai isu bilateral yang luas, termasuk cara-cara untuk meningkatkan kerjasama antara Indonesia dan Timor Leste,” ungkapnya.

“Saya harus mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Xanana Gusmao, Indonesia dan Timor Leste telah menjadi bukan hanya negara tetangga yang baik, tetapi juga teman baik,” kata SBY.

Menurut dia, penghargaan Bintang Adipurna layak diberikan kepada Xanana Gusmao karena selama bertahun-tahun masa pemerintahannya, hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste menjadi semakin kuat.

“Oleh karena itu, untuk upaya luar biasa dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste, kami menyatakan penghargaan Bintang Adipurna ini kepada Perdana Menteri Kay Rala Xanana Gusmao. Penghargaan ini merupakan yang tertinggi di antara penghargaan lainnya dari pemerintah Indonesia kepada warga negara sahabat,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Presiden SBY juga menyampaikan bahwa sejauh ini Indonesia dan Timor Leste telah menandatangani setidaknya 49 kesepakatan.

Sementara itu, lanjutnya, dalam bidang ekonomi, kerja sama untuk perdagangan bilateral RI-Timor Leste terus meningkat, dengan rata-rata peningkatan sebanyak 12,7 persen per tahun, yang terjadi dalam lima tahun terakhir.

“Pada Agustus tahun ini, kita juga telah mendirikan Indonesia-Timor Leste Friendship Forum, yakni forum persahabatan dengan satu tujuan yaitu membangun interaksi yang kuat antara masyarakat kedua negara,” ujar Presiden.

“Perkembangan-perkembangan positif ini menandakan bahwa sekarang hubungan kedua negara semakin hari semakin baik,” lanjutnya.

Hal itu, menurut SBY, menandakan hubungan antara Indonesia dan Timor Leste kedepannya akan diwarnai dengan rasa saling percaya, saling memahami, serta nilai-nilai demokrasi, kesetaraan, dan kemakmuran bersama. (ant/ind)