Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Gun Gun Heryanto mengatakan, calon pengganti Marzuki Alie sebagai Ketua DPR RI periode 2014-2019 haruslah bersih.

Sebab, kata dia, pimpinan parlemen sekaligus menjadi wajah legislatif. “Harus bersih dari segala masalah. Jangan sampai rekam jejak yang buruk berimbas memperburuk wajah parlemen,” kata Gun Gun, (15/9).

Belakangan, sejumlah partai politik telah menempatkan beberapa kader untuk masuk dalam bursa Ketua DPR. Salah satu diantaranya Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini, digadang-gadang akan mendapatkan ‘jatah’ pimpinan parlemen dari Koalisi Merah Putih. Nama Setya Novanto pun kemudian muncul.

Namun, kehadiran Setya dianggap meragukan, mengingat rekam jejak dengan setumpuk perkara rasuah masih melekat.

“Calon Ketua DPR itu harus bersih dari segala rekam jejak buruk. Jangan sampai ketika menjabat, pimpinan malah disibukkan dengan urusan hukum bukan rakyat,” ujar Gun Gun.

Karena itu, ia menyarankan agar partai politik serius melakukan kaderisasi, yakni dengan menguatkan fase fungsional. “Harus ada fase kaderisasi yang jelas,” katanya. (ind)