Ketua DPR RI Setya Novanto menyesalkan sikap dan pernyataan PM Australia, Tony Abbot yang mengungkit bantuan kemanusiaan Australia kepada masyarakat Aceh saat tsunami. Dia mendukung pengumpulan koin untuk Australia.

“Saya selaku Ketua DPR RI dan wakil rakyat tentu saya melihat ini kekecewaan masyarakat Aceh dan juga masyarakat Indonesia. Kita sangat menyesal sekali pada PM Abbot karena ini akan mengurungi kedaulatan negara di dalam bidang hukum,” kata Novanto di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin, (23/2).

“Tentu akan menjadi perhatian saya dan tentu saya sangat mendukung masalah ini (pengumpulan koin untuk Australia) ini,” katanya.

Ia meminta pihak Australia memyadari dan tidak mencampuri urusan internal Indonesia karena masalah hukum tidak ada kaitannya dengan masalah kemanusiaan.”Jadi yang kita pikirkan supaya jangan sampai kedaulatan negara kita sendiri dicampuri oleh pihak-pihak asing khususnya pihak Australia,” kata dia.
“Bantuan untuk tsunami, tentu tetap berterima kasih sama pemerintah Australia tapi jangan sampai kaedah-kaedah yang berkaitan dengan hukum, tata negara itu jadi persoalan karena itu masalah internal dari kita sendiri,” kata Novanto. (ant)