Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa) atau 9 formatur yang diusulkan seluruh Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama menetapkan dan mengesahkan Mustofa Bisri dan Makruf Amin sebagai Rais Aam Syuriah dan Wakil Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama periode 2015-2020. Meskipun, Gus Mus sapaan untuk Mustofa Bisri, awalnya menyatakan tidak siap mengambil posisi itu.

“Sebelum sidang Ahwa dimulai (16:00-20:00 WIB), dibacakan surat dari Kiai Mustofa Bisri yang isinya menyatakan tidak bersedia menjadi Rais Aam dan setelah surat itu diperdengarkan di hadapan 9 Ahwa, sidang Ahwa memutuskan sebagai berikut melalui musyawarah. Bismillahirohmanirohim, rapat Ahwa 20 Syawal bertepatan 5 Agustus, setelah mendengarkan dan mencermati usulan dari Ahwa, rapat memutuskan dan menetapkan dengan meminta KH Mustofa Bisri menjadi Rais Syuriah 2015-2020,” papar Ketua Panitia Muktamar ke-33 NU yang ditunjuk Ahwa membacakan putusan hasil sidang Ahwa, Saafullah Yusuf, di Arena Muktamar, Alun-alun Jombang, Jawa Timur, Rabu (5/8/2015).

Ia menjelaskan, sebelum sidang Ahwa yang diketuai Makruf Amin, Gus Mus mengirimkan surat ketidaksiapan menjabat Rais Aam Syuriah PBNU 2015-2020. Tetapi hal itu dinilai 9 Ahwa sebagai bentuk sikap kesatria dan akhlakul karimah tidak ingin merebut jabatatan.

“Namun, sidang Ahwa menilai surat ketidaksediaan itu dianggap sebagai akhlakul karimah atau sikap tidak ingin mengambil jabatan. Jika tetap tidak bersedia, Kiai Makruf Amin menjabat Rais Aam Syuriah menggantikan Kiai Mustofa Bisri. Namun sebelum itu terjadi, Ahwa tetap menetapkan Kiai Mustofa Bisri sebagai Rais Aam Syuriah PBNU 2015-2020 dan Kiai Makruf Amin sebagai Wakil Ketu Rais Aam Syuriah 2015-2020,” terangnya.

Menurutnya, hasil keputusan sidang Ahwa yang tempat persidangannya dirahasiakan itu telah resmi ditandatangani oleh 9 Ahwa. “Putusan itu ditandangani oleh Ketua Ahwa Makruf Amin dan 8 anggota Ahwa lainnya,” tambahnya.

Selanjutnya, hal ini disampaikan kepada forum Rais Syuriah seluruh PWNU dan PCNU oleh Ketua Sidang Pleno III, Ahmad Mudzakki. Dan forum pun menyatakan putusan sidang Ahwa sah dan ditetapkan.

“Dengan putusan ini KH Mustofa Bisri kita tetapkan sebagai Rais Aam Syuriah PBNU 2015-2020 dan Makruf Amin sebagai Wakil Ketu Rais Aam Syuriah 2015-2020,” tegas nya sambil memukul palu sidang. (mt/ind)