Komjen (Pol) Budi Waseso (Buwas) resmi menjabat sebagai kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Mantan Kabareskrim itu dilantik oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Pelantikan digelar di Aula Gedung BNN Lantai 7, Jl MT Haryono, Jakarta Timur, mulai pukul 09.05 WIB, Selasa (8/9/2015). Badrodin bertindak sebagai pembina upacara dan membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Buwas.

“Saya tidak akan menerima hadiah atau menerima pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya,” kata Buwas mengikuti perkataan Badrodin.

Buwas sempat salah lebih dari 2 kali ketika mengucapkan kata ‘saya tahu atau patut dapat diduga’. Badrodin pun mengulangi dalam membaca sumpah jabatan Buwas di bagian tersebut.

“Dalam menjalankan jabatan atau pekerjaan saya, saya senantiasa akan lebih mementingkan kepentingan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan,” lanjut Buwas.

“Akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemetintah dan PNS, bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan negara,” ujarnya.

Turut hadir Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Mantan Deputi Pemberantasan Irjen (Purn) Benny Mamoto, dan beberapa tokoh lainnya. (dtk/ind)