Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan terus melakukan konsolidasi kader guna menghadapi pemilihan ketua umum PAN pada kongres yang diselenggarakan di Bali, 28 Februari hingga 2 Maret mendatang.

“Saya tadi baru berkonsultasi dengan Pak Amien Rais (Ketua MPP PAN) dan setelah acara ini akan bertemu dengan Pak Luhut Panjaitan,” kata Zulkifli Hasan pada diskusi “Dari Profesional ke Pelayan Publik” yang diselengarakan Ikatan Alumni PPM Manajemen, di Jakarta, Kamis malam.

Zulkifli Hasan mengakui saat ini dirinya sedang sibuk melakukan konsolidasi menghadapi kongres ke-4 PAN.

“Menghadapi kongres PAN permainannya tidak mudah, karena itu harus disiapkan secara sungguh-sungguh,” katanya.

Ketua MPR RI ini juga mengakui untuk membangun dukungan dari DPW dan DPD PAN di seluruh Indonesia, tidak cukup hanya membangun komunikasi secara formal, tapi juga diperlukan trik-trik dan manuver dari hubungan personal.

Trik dan hubungan personal ini, kata dia, sudah dibuktikannya dapat memberikan dampak positif, ketika dirinya menjadi calon ketua MPR RI, dalam paket pimpinan MPR RI yang diusung oleh Koalisi Merah Putih (KMP).

Pada saat itu, kata Zulkifli, dalam hitung-hitungannya paket KMP akan kalah suara dari paket pimpinan MPR RI yang diusung oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Namun dengan melakukan trik-trik dan hubungan personal, ketika dilakukan voting, ternyata paket KMP dapat memenangkannya dengan unggul 17 suara,” katanya.

Menghadapi kongres PAN, Zulkifli menyatakan, akan terus membangun konsolidasi kader pemilik suara, yakni pimpinan DPW dan DPD di seluruh Indonesia.

Ketika ditanya, berapa banyak DPW dan DPD PAN yang sudah menyatakan mendukung dirinya, Zulkifli menyatakan, secara diplomatis akan terus melihat perkembangannya.

Kemudian, ketika ditanya soal pernyataan Ketua MPP PAN, Amien Rais, yang menyatakan, tradisi di PAN, ketua umum PAN hanya satu periode, merupakan dukungan secara implisit terhadap Zulkifli Hasan.

Mantan Menteri Kehutanan ini menjelaskan, pernyataan Amien Rais itu hanya merupakan imbauan kepada para kader PAN yang memiliki suara di kongres.

“Pernyataan Pak Amen itu belum menunjukkan dukungam kepada saya, cuma memberi pemahaman kepada pemilik suara. Kita lihat nanti sajalah, bagaimana perkembangannya,” kata Zulkifli. (ant)