Kongres III Partai Demokrat yang akan berlangsung di Surabaya, 11-13 Mei 2015, mengundang semua pimpinan partai politik yang bergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Tidak ada yang tak diundang. Semuanya kami harap datang di Surabaya pada saat kongres mendatang,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo juga dipastikan mendapat undangan sebagai tamu kehormatan, bahkan rencananya juga diberi kesempatan menyampaikan sambutan di hadapan ribuan kader Demokrat.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, mengaku saat ini persiapan yang dilakukan sudah semakin matang, termasuk terkait hotel lokasi penyelenggaraan dan akomodasi peserta kongres.

“Sekarang panitia juga tengah membahas persiapan terkait jadwal, pematangan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, serta peraturan organisasi dan sebagainya,” tutur politisi yang juga Gubernur Jatim tersebut.

Pada kongres mendatang, lanjut dia, agenda utamanya adalah memilih ketua umum periode 2015-2020 yang saat ini dijabat oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia menjelaskan pada kongres nantinya juga akan dibahas terkait keberadaan posisi dewan pembina yang selama ini juga dijabat oleh ketua umum.

“Kemungkinan ke depan posisi dewan pembina tetap ada, tapi tidak di atas ketua umum, tapi di samping atau sama dengan posisi dewan kehormatan. Jadi bukan dihapus, hanya penempatannya beralih,” kata politisi kelahiran Madiun tersebut. (ant)