Indopolitika.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebagai calon presiden – calon wakil presiden dalam Pemilihan Presiden Juli 2014, Sabtu (31/5/2014). Selanjutnya, keempatnya akan mendapat pengawalan melekat oleh kepolisian.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan penetapan itu tertuang dalam Peraturan KPU No. 453/KPTS/KPU/2014 tentang Penetapan Capres dan Cawapres 2014. “Seluruh dokumen persyaratan telah kami verifikasi. Semuanya memenuhi syarat,” ujarnya dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (31/5/2014).

Hadar mengatakan setiap calon dan keluarganya nantinya akan dikawal oleh polisi. Jumlah polisi yang mengawal setiap calon per harinya 93 orang yang dibagi menjadi tiga shif. “Jadi setiap harinya yang menjaga keempat calon sebanyak 372 polisi,” tuturnya.

Hadar mengatakan jumlah polisi tersebut merupakan permintaan dari para calon. Permintaan itu kemudian oleh KPU dikoordinasikan dengan Polri. (Ind/pr)