Indopolitika.com  Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan raihan kunci kemenangan Jokowi-JK karena memenangkan suara di Jawa Timur.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua ini memperoleh total suara dari 52,76 persen, sedangkan capres dan cawapres urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapat suara di angka 47,24 persen.

Direktur Saiful Mujani Research Consulting Jayadi Hanan mengakui kunci kemenangan Jokowi-JK adalah Jawa Timur. Di sini, Jokowi-JK unggul cukup jauh dan penentu keduanya menang di Jawa.

Sementara untuk daerah Sumatera, Prabowo-Hatta diprediksi hampir memenangkan suara di semua provinsi. Tapi ternyata di Lampung dan Sumatera Utara, Jokowi-JK mendapat perolehan suara lebih banyak.

Selanjutnya, di Indonesia tengah seluruh Kalimantan kecuali Kalimantan Selatan, seluruh Sulawesi kecuali Gorontalo, Maluku kecuali Maluku Utara, Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Bali, semua dimenangkan Jokowi-JK

Menurut Jay, beberapa kekalahan dari Jokowi-JK di wilayah Sumatra ditutupi dengan kemenangan di Lampung, dan Sumatra Utara. Kekalahan Sumatra ditutupi juga ditutupi kemenangan Indonesia Tengah dan Indonesia Timur.

“Jadi kunci kemenangan Jokowi-JK di Jawa Timur yang memberi kemenangan,” ujar Jay kepada wartawan dalam konferensi pers di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (9/7/2014).

Menurutnya, data suara yang masuk sudah stabil dan melebihi 85 persen. Data ini diambil dari 4.000 Tempat Pemungutan Suara di seluruh Indonesia sebagai sampel dalam LSI dan SMRC untuk hitung cepat Pilpres 2014. (tbn/ind)