Indopolitika.comDirektur MMD Initiative, Masduki Baidlowi, mengakui bahwa mantan Ketua MK, Mahfud MD mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa.

“Iya, ada tawaran terhormat bagi Pak Mahfud untuk sebuah posisi penting dan strategis dalam kabinet untuk merealisasaikan cita-citanya memberantas korupsi dan menegakkan hukum,” ungkap Masduki, di Kantor MMD Initiative, Senin (19/05/2014).

Ia mengakui tawaran itu terhormat dan tidak pernah didapat di tempat lain. Namun, lanjut Masduki, Mahfud MD masih ingin mendiskusikan tawaran tersebut bersama timnya, terutama meminta masukan dari para kiai yang selama ini mendukung mantan Menteri Pertahanan era Presiden KH Abdurrahman Wahid itu.

“Karena pada prinsipnya kita tidak mengejar jabatan, perlu didiskusikan lebih lanjut apa manfaat dan mudharatnya baik rakyat, utamanya meminta masukan dan arahan dari kiai-kiai yang selama ini mendorong Pak Mahfud untuk berperan penting di pentas nasional,” ujar pria yang akrab disapa Cak Duki itu.

Ia menjelaskan, Mahfud MD akan sowan ke beberapa kiai dalam beberapa hari ke depan. Di antaranya, pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan Kiai Nawawi Abdul Jalil, Gus Ali Masyhuri dari PP Bumi Shalawat Sidoarjo, Kiai Basyir di Sumenep, Rais Syuriah PBNU, KH Hasyim Muzadi, KH Syukron Makmun dari PP Darul Rahman Jakarta, sesepuh PPP sejaligus pengasuh PP Al Anwar Rembang, Maimun Zubair, Kiai Dimyati Romli dan KH Salahuddin Wahid di Jombang dan kyai-kyai lain di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten.

Oleh para kiai, Mahfud merupakan sosok yang jujur, tegas, dan tak pandang bulu dalam penegakan hukum. Sepak terjang Mahfud selama menjadi Ketua MK mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, tertutama para kiai dari Jawa Timur hingga Banten.

Dia menambahkan, jika melihat track record itu, capres Prabowo pun ingin mengajak Mahfud untuk merealisasikan cita-citanya dalam membenahi penegakan hukum dan keamanan.

Selain terlibat di pemerintahan mendatang, dengan bergabungnya Mahfud MD diharapkan ikut memenangkan pasangan yang diusung empat partai politik yakni Partai Gerindra, PKS, PPP, dan PAN.

“Karena, untuk merealisasikan cita-cita itu tentu perlu kemenangan dalam menghadapi Pilpres mendatang ini. Karena itu, Pak Mahfud juga diminta untuk memimpin tim nasional pemenangan pasangan Prabowo-Hatta,” tutup Cak Duki. (Ind/oz)