Indopolitika.com, Gowa Menjelang Pilkada Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, sejumlah figur sudah mulai santer dibicarakan, baik di masyarakat kalangan menengah keatas hingga masyarakat yang berstatus sosialnya paling bawah.

Bahkan ada figur yang telah menyatakan sikapnya secara terbuka untuk maju bersaing pada Pilkada Bupati Gowa 2015 menggantikan Bupati Gowa dua periode Ichsan Yasin Limpo.

Salah satunya dari figur lokal yang menyatakan dirinya  siap bertarung menjadi orang nomor satu di Gowa yakni mantan sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gowa H Muh Yusuf Sommeng yang kini menjabat Inspektorat Sulsel.

Hal itu ditandai dengan sejumlah spanduk yang sengaja dibentangkan di sejumlah wilayah kecamatan di luar kota Sungguminasa sebagai ibukota Kabupaten Gowa. Spanduk-spanduk yang terbentang itu rata-rata berkedok ucapan selamat melaksanakan ibadah puasa dan ramadan tahun ini. Termasuk spanduk milik Yusuf Sommeng.

Tak ayal persiapan menuju Pilkada Gowa itu mulai dipersiapkannya dengan melakukan sosialisasi selama ramadan ini dengan merambah wilayah-wilayah terpencil sebagai penguatan persiapan pilkada.

H Muh Yusuf Sommeng, Senin (14/7), ketika ditanya soal banyaknya spanduk yang menampilkan gambar dirinya terpajang di sejumlah ruas di wilayah Kecamatan Bontomarannu maupun daerah pinggiran kota Sungguminasa, termasuk di wilayah Kecamatan Pallangga.

”Ya, alhamdulillah saya siap maju ke Pilkada tahundepan,” ucap mantan Camat Pallangga ini.

Dia juga tidak menyangkal jika dirinya  memang telah menebarkan sejumlah spanduk sebagai salah satu media sosialisasi atas kesiapannya maju tersebut.

”Yah saya siap maju. Lagi pula saya rasa sudah bersyarat dengan sejumlah pengalaman yang telah saya jalani selama ini. Doakan saja ya,” terang Daeng Bombong sapaan akrab Muh Yusuf Sommeng.

Yusuf Sommeng menambahkan, kesiapannya maju ke Pilkada Gowa 2015 nanti bukan hanya karena sebatas dirinya telah bersyarat namun yang terpenting karena telah mendapatkan sokongan dan dukungan dari sejumlah tokoh masyarakat.

Meski menyatakan dirinya siap, namun birokrat yang mengawali karir PNSnya dari bawah ini belum menyebutkan dengan siapa dirinya akan berpaket. ”Belum ada, baru sosialisasi diri dulu lah,” tambahnya. (bm/ind)