Menteri Luar Negeri, Marty M Natalegawa, optimistis Komunitas ASEAN yang telah diinisiasi sejak 2003 berhasil diwujudkan.

“Saya yakin ASEAN memiliki kemampuan dan kekuatan untuk membangun Komunitas ASEAN,” ujarnya dalam pidato yang disampaikan pada peringatan Hari Jadi ASEAN ke-47, di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin, (18/8).

Pembentukan komunitas ASEAN, menurut dia, menjadi komitmen dan fokus bersama sehingga semua penduduk ASEAN harus giat bekerja sama mewujudkannya.

Di hadapan perwakilan negara-negara ASEAN, ia mendorong pemerintah di seluruh negara anggota untuk lebih terbuka dan saling menunjukkan kepedulian pada perkembangan negara masing-masing.

Menurut dia, kendala terbesar yang harus dihadapi yaitu bagaimana menumbuhkan rasa saling memiliki sebagai satu komunitas, bukan lagi 10 negara berbeda melainkan satu keluarga.

Pada kesempatan itu Natalegawa juga menegaskan, pelaksanaan demokrasi dan transformasi di Indonesia berkaca pada transformasi ASEAN itu sendiri.

Pembuatan dan pelaksanaan kebijakan di Indonesia yang cenderung ASEANsentris juga menggambarkan betapa dekatnya hubungan perkembangan Indonesia dan ASEAN dalam cara yang positif.

Pria berkacamata itu pun menggarisbawahi peluang ASEAN untuk berperan di tataran global dengan peresmian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 mendatang.

“Saya percaya ASEAN memiliki kualitas yang tak dimiliki negara-negara lain dan dengan itu bisa membawa ASEAN ke tujuan apapun yang kita mau,” ujarnya. (ant/ind)