Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan tidak ada dua pemerintahan di Indonesia terkait dikuasainya parlemen, baik MPR dan DPR, oleh Koalisi Merah Putih (KMP).

“KMP ada di parlemen itu sebagai penyeimbang, bukan sebagai musuh atau menjegal kubu lain,” kata Max di Jakarta, Rabu, (8/10).

Ia menjelaskan, KMP akan mengkritisi hal-hal yang tidak sesuai dan mendukung ketika program-program yang dikeluarkan pemerintah bagus untuk rakyat.

“Bukan semata-mata saling membatasi dan membuat pagar di parlemen, tetapi kami justru membuat lebih jelas lagi, bagaimana untuk mendukung sebuah pemerintahan yang bagus dan baik ke depannya,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintahan Jokowi-JK harus didukung penuh dengan program-program prorakyat dan jangan sampai program-program tersebut dijegal atau dipersulit.

“Saya berharap Jokowi menjalankan pemerintahan sesuai dengan hak prerogatif beliau dan menerapkan ide-ide yang sudah beliau sampaikan ke publik,” katanya.

Ia menambahkan, prinsip dasar yang dilakukan KMP baik di MPR maupun DPR adalah bagaimana mengkonotasikan legislasi, pengawasan, dan anggaran untuk kemaslahatan bangsa dan negara dengan program-program yang akan dilakukan pemerintahan Jokowi-JK. (ant)