Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan kongres adalah momentum yang sangat penting bagi paryai politik untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Melalui kongres akan membicarakan langkah partai selanjutnya, apakah bisa terus berpihak kepada rakyat atau tidak,” kata Megawati Soekarnoputri ketika menyampaikan sambutan pada acara ramah tamah menjelang Kongres IV PDI Perjuangan di Denpasar, Bali, Rabu malam.

Acara malam ramah tamah itu diselenggarakan panitia kongres IV untuk menyambut kedatangan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di Bali menjelang kongres.

Megawati diusulkan oleh seluruh pengurus tingkat provinsi (DPD) dan pengurus tingkat kabupaten/kota (DPC) dari seluruh Indonesia untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai ketua umum selama lima tahun ke depan.

Saat menyampaikan sambutannya, Megawati menyatakan mengapresiasi proses pemilihan pengurus di tingkat kabupaten/kota dan provinsi yang berjalan baik serta seluruhnya dilakukan melalui musyawarah dan mufakat.

“Musyawarah mufakat, merupakan ciri khas demokrasi Indonesia,” katanya.

Menurut Megawati, ada kekhawatiran pada sebagian masyarakat, bahwa musyawarah mufakat sulit untuk dapat berjalan dengan baik.

PDI Perjuangan, kata Megawati, adalah partai politik yang mempunyai ideologi dan memiliki modal dasar yang datang dari rakyat, sehingga proses demokrasi musyawarah mufakat dapat diselenggarakan dengan baik mulai dari bawah hingga ke atas.

“Buktinya proses pemilihan pengurus di semua tingkatan dapat berjalan dengan baik dan lacar,” kata Megawati.

Presiden Republik Indonesia keempat tersebut menegaskan, kongres adalah momentum yang sangat penting bagi partai politik.

Dalam kongres, kata dia, tentunya ada hal-hal baru yang dilakukan sesuai prosedur. [Ant/ind]