Jakarta; Pasangan Yusron Ihza Mahendra dan Yusroni Yazid kembali maju pada Pilkada Babel 2017. Pasangan ini pada Pilkada 2012 juga maju dalam kontestasi elektoral di wilayah yang sama. Yusron-Yusroni, yang diusung PBB, Demokrat dan PPP akan menantang petahana yang “bercerai” yakni Rustam Efendi (Gubernur sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Bangka Belitung) berpasangan dengan M Irwansyah (Walikota Pangkal Pinang) Pasangan ini diusung PDI Perjuangan.

Pasangan lainnya Hidayat Arsani (Wakil Gubernur dan Ketua DPD Golkar Babel) berpasangan dengan Sukirman (Mantan Wakil Bupati Bangka Barat), pasangan ini diusung Golkar, Hanura, PAN dan PKS. Pasangan selanjutnya yang menjadi rival Yusron-Yusroni adalah Erzaldi Rosman Johan (Bupati Bangka Tengah dan Ketua BPD Gerindra) berpasangan dengan Abdul Fatah (mantan Sekda Belitung). Pasangan ini diusung oleh Gerindra, Nasdem dan PKB.

“Saya kira pasangan Yusron-Yusroni memiliki peluang cukup tinggi, karena pasangan ini punya basis dukungan yang bagus”. Demikian menurut Agus Maulana dari Lembaga Konsep Indonesia, Jakarta (19/12/2016). Agus melanjutkan, pada Pilkada 2012, pasangan ini menjadi juara kedua dengan jumlah suara 29,4℅, kalah tipis dari Gubernur terpilih yang mendulang suara 33,2℅. Jika petahana “bercerai” tentu akan memecah dukungan suara.

Keuntungan lain yang bisa diolah pasangan Yusron-Yusroni adalah sosok Yusril Ihza Mahendra, kakak kandung Yusron, yang menasional. “Kita tahu bahwa sosok Yusril sangat menjual, ini bisa dimanfaatkan Yusron untuk menggaet voter. Selain itu, menurut saya, masyarakat juga berharap banyak pada keluarga Yusril untuk berkiprah dalam politik lokal, dan dengan demikian, masyarakat punya kesempatan untuk memiliki Gubernur asal Belitung. tutup Agus.