Kendaraan dinas baru empat pimpinan DPRD Kota Tangsel ternyata senilai Rp400-500 juta per unitnya. Sekretariat DPRD mengklaim pengadaan mobil dinas mewah tersebut dilakukan secara elektronik melalui Lembaga Pelayanan Secara Elektronik (LPSE).

“Semua dilakukan secara online, mulai dari katalog sampai pembeliannya juga melalui LPSE,” ungkap Kasubag Perlengkapan Sekretariat DPRD Tangsel, Asep Benny.

Asep mengatakan harga mobil mewah tersebut di bawah harga standar umum atau berplat hitam. Atau mengikuti hargaGoverment Soft Order (GSO), harga resmi pemerintah Provinsi Banten, sehingga lebih murah dari pasaran.

“Sudah sesuai dengan GSO Pemprov Banten,” katanya.

Dari data lembaran kertas berisikan list harga dari e-Catalog, untuk Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten, satu unit All New Camry 2.5 G A/T seharga Rp502.260.000. Harga tersebut jauh lebih murah ketimbang untuk plat hitam, yakni seharga Rp521.400.000.

“Kalau untuk jenis New Corolla Altis 1.8 V A/T, GSOnya Rp 401.030.000 lebih murah ketimbang harga pasar yang senilai Rp 416.000.000. Jika dikalikan jumlah unit mobil yang dibeli, kas daerah mengeluarkan anggaran Rp1.705.350.000,” paparnya.

Anggaran tersebut dikatakan Asep, berasal dari APBD Perubahan tahun 2014. Dan mobil keluaran terbaru dari Toyota itu baru datang pada minggu lalu, dalam kondisi baru, berwarna putih susu, belum diberikan plat nomor.

Sementara diperuntukannya, Ketua DPRD Tangsel Moch Ramlie mendapatkan jatah mobil All New Camry. Sedangkan ketiga wakilnya, Tb Bayu Murdani, Ahadi, dan Saleh Asnawi menggunakan New Corolla Altis. Asep pun mengklaim, pemberian kendaraan dinas untuk pimpinan dewan tersebut sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Memang ada aturan spek atau cc nya. Ketua DPRD mendapatkan Camry dengan spek 2.500 cc, sedangkan wakilnya mendapatkan Altis dengan spek 2.000 cc,” tambahnya.

Dari pantauan, mobil-mobil mewah ini sudah terparkir rapih di halaman Hedung DPRD Kota Tangsel. Keberadaan mengundang daya tarik pewarta dan masyarakat yang memasuki halaman Kantor DPRD Kota Tangsel. (bp/ind)