Tokoh masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Walikota Palembang 2018, H Mularis Djahri mengajak warga Kota Palembang untuk berjibaku mempersiapakan diri, menata budaya hidup sehat dan taat prosedur untuk menyongsong Palembang yang baru sebagai Kota Cerdas dan Sejahtera. Demikian kesimpulan paparan dialog antara dirinya bersama warga yang digelar seusai pengembalian berkas penjaringan calon walikota pada Pilkada Kota Palembang 2018 ke kantor DPC PDI Perjuangan Kota Palembang, Sabtu, (3/6/17).

Mularis Djahri menyatakan, Kota Cerdas adalah sebuah kota yang berkinerja baik. Kota yang efisien dan layak huni.

“Bicara Kota Cerdas adalah tentang menggunakan sumber daya secara lebih efisien, dan ramah lingkungan serta bagaimana menciptakan layanan  publik yang mudah, berkualitas & menyenangkan,” pungkasnya.

Menanggapi rencana Mularis Djahri menjadikan Palembang sebagai Kota Cerdas, pengamat teknologi informasi dan pembangunan Fahmy Syukri Raja menyambutnya dengan antusias.

“Kota Palembang sudah seharusnya bisa jadi Kota Cerdas. Pertama, karena Palembang memiliki potensi untuk menjadi Kota Cerdas, infrastruktur yang ada bisa ditata sedemikian rupa sehingga bisa lebih berdaya guna dan efisien. Kedua, penggunaan teknologi informasi dan era digital telah mewabah di kota ini. Jadi tinggal pemangku kepentingan mau membangun dan mentradisikan aktivitas layanan publik berbasis IT,” ujarnya.

Fahmy juga menambahkan bahwa kota cerdas atau smart city adalah sebuah konsep tatanan kota yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan peforma, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya.

“Kota cerdas menuntut penggunaan smart computing yang fasilitasnya nanti akan mencakup meliputi pendidikan, kesehatan, keselamatan umum, transportasi yang lebih cerdas, saling berhubungan dan efisien. Semua itu ujunganya pada kesejahteraan warga kotanya,” pungkasnya. (ind)