Ketua DPD Partai Hanura Sumatera Selatan (Sumsel), Mularis Djahri, mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara sudah final dan tak bisa diutak-atik. Pancasila juga merupakan hasil mufakat para pendiri bangsa dan leluhur yang dengan susah payah berjuang memerdekakan negara bangsa ini.

“Tak tak ada keraguan, Pancasila adalah perekat bangsa dan pemersatu negara. Itu hasil mufakat dan kesepakatan bersama yang harus kita jalankan dan kita jaga bersama,” ujar Mularis, Jumat (2/6).

Mularis Djahri yang diminta masyarakat untuk serta dalam kontestasi Pilkada Kota Palembang 2018 ini mengapresiasi langkah Pemerintah Presiden Jokowi dengan penyelenggaraan Pekan Pancasila yang digelar sejak tanggal 29 Mei sampai dengan tanggal 4 Juni 2017 dengan tema “Saya Indonesia, Saya Pancasila” melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Bagi Mularis, langkah mengembalikan kesadaran publik bahwa kita adalah satu, kita berbeda tapi satu, merupakan langkah politik yang cerdas, lugas dan tangkas.

“Tak bisa kita main-main dengan dasar negara, tak ada ruang untuk mengganti ideologi negara dengan ideologi transnasional seperti khilafah, komunisme dan sejenisnya,” ucapnya saat diminta tanggapannya oleh para wartawan di sela aktivitas Ramadan yang dijalaninya. (ind)