Munas IX Partai Golkar tandingan di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta akhirnya resmi dibuka sekitar pukul 21.10 WIB, Sabtu (6/12) malam. Pembukaan munas ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Presidium Penyelamat Partai Golkar, Agung Laksono.

Acara ini dihadiri 384 pemegang hak suara yang terdiri dari pengurus DPD I, DPD II serta perwakilan ormas pendiri dan didirikan Partai Golkar. Selain itu, hadir pula anggota Dewan Pertimbangan Partai Golkar Andi Matalata dan Fahmi Idris.

Berbeda dengan pembukaan Munas IX di Bali beberapa waktu lalu, tidak banyak undangan dari kalangan eksternal yang hadir kali ini. Tercatat hanya Sekjen PPP Aunur Rofiq yang memenuhi undangan Agung Laksono Cs.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang tadinya dijadwalkan membuka Munas pun akhirnya tidak datang. Padahal, Ketua Penyelenggara Munas IX Yorrys Raweyai sempat mengklaim bahwa Tjahjo dipastikan hadir..

Munas tandingan ini akan berlangsung sampai 7 Desember 2015. Rencanannya, besok akan digelar pemilihan ketua umum yang diikuti oleh tiga kandidat, yaitu Agung Laksono, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Priyo Budi Santoso. (jp/ind)