Palembang – Suasana jelang Pilkada Sumsel 2018 terasa sangat berbeda akhir-akhir ini, karena partai politik sudah berani unjuk gigi dengan mendukung bakal calon Gubernur Sumsel. Partai sudah ambil peran penting dengan memastikan siapa yang didukung dan ini sangat baik bagi masyarakat karena bisa segera menentukan arah pilihan sesuai kepentingannya menjadikan Sumsel sejahtera.

DPP PAN sudah memberikan rekomendasi bakal calon Gubernur kepada Herman Deru sampai acara rakorwil PAN Sumsel pekan lalu, menjadi momentum merapatkan barisan, menyamakan pemahaman dan menyatukan dukungan untuk memenangkan Herman Deru di Pilgub Sumsel.

Dukungan atas Herman Deru terus bertambah, DPP Nasdem mengeluarkan surat rekomendasi bakal calon Gubernur kepada Herman Deru berpasangan dengan bakal calon Wakil Gubernur Mawardi Yahya yang diserahkan langsung kepada keduanya di kantor DPP Nasdem di Jakarta, Senen (16/10).

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD Nasdem Syahrial Oesman menjelaskan dirinya hadir dan turut mendampingi penyerahan surat rekomendasi tersebut. Sebagai Ketua DPW Sumsel, ia sepenuhnya loyal atas keputusan DPP Nasdem. “Sepengetahuan saya, pertimbangan DPP yang utama adalah merujuk pada hasil survei, Herman Deru diakui rata-rata berada di posisi pertama elektabilitasnya dan saya rata-rata di posisi kedua. Atas keadaan itu dan karena terbentur aturan dimana saya tidak boleh mencalonkan diri sebagai wakil gubernur, maka Tim penjaringan di DPP memutuskan memberi rekomendasi kepada Herman Deru. Ini keputusan politik dan saya loyal kepada partai. Kita harus membesarkan partai, jika partai besar maka cita-cita restorasi atau pembenahan negara bangsa akan sukses,” ujarnya.

Gubernur Sumsel 2003-2008 ini menambahkan, jajaran pengurus DPD Nasdem telah merumuskan strategi, program dan langkah untuk menjalankan amanah partai memenangkan calon yang diusung partai. Syahrial menyatakan ia cukup punya chemistry dengan Herman Deru, pada Pilkada Sumsel 2013 Herman Deru berpasangan dengan istrinya Hj. Maphilinda Boer. “Kami pernah berjuang bersama empat tahun lalu, jadi ini meneruskan saja. Saya yakin rakyat Sumsel tidak lupa dengan perjuangan kita,” kenangnya.

Syahrial juga memberi alasan kenapa Herman Deru berpasangan dengan Mawardi Yahya. Menurutnya Mawardi punya pengalaman panjang sebagai politisi, ia merintis dari bawah sampai akhirnya dipercaya menjadi Bupati dua periode. “Ini pasangan ideal, bisa mewujudkan sumsel jaya, Sumsel maju. Semua untuk rakyat,” pungkasnya. (AJ)