Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan digelar pada Juni 2018 mendatang mulai riuh seantero Sumsel tak terkecuali di jagat maya. Keriuhan di jagat maya ini menarik minat Kelompok Diskusi Demokrasi Sumsel (KoDDeS) melakukan pemetaan terhadap para figur yang dipandang akan ikut serta dalam pilkada itu.

Koordinator Pelaksana KoDDes Fed Irawan mengungkapkan, lembaganya berhasil memetakan kekuatan para figur yang dipandang akan menjadi kandidat gubernur Sumsel. Fed menyatakan bahwa empat nama muncul sebagai bakal calon gubernur yang konsisten muncul dan sudah memiliki pola kampanye sosial media.

Kempat nama itu adalah Syahrial Oesman, Ishak Mekki, Susno Duadji dan Aswari Rifa’i. Fed menambahkan ada dua nama lain yang sempat tampil di jagat maya namun intensitasnya kemudian menurun bahkan nyaris menghilang mereka adalah Doddy Reza Alex dan Herman Deru.

“Mungkin Doddy sudah mantap tidak maju ikut kontestasi, dia memilih menjalankan amanah sebagai Bupati Muba, sementara satunya belum bisa dianalisis apa penyebabnya,” ujar Fed, Selasa (9/5).

Fed menambahkan, kemungkinan tiga dari empat figur yang eksis di jagat maya sebagaimana telah disebutkannya akan memiliki keberuntungan masing-masing. “Mereka bisa saja saling berkoalisi dan atau berhadapan. Aswari diketahui adalah ketua Gerindra Sumsel, Mekki merupakan ketua Partai Demokrat Sumsel, sementara Syahrial Oesman adalah Ketua Partai Nasdem Sumsel, itu modal utama untuk bernegosiasi,” ungkapnya.

Menutup pernyataanya, Fed menerangkan adanya dorongan dari netizen di twitland agar Syahrial Oesman bisa kembali turun gunung membangun Sumsel. “Syahrial dianggap berhasil membangun pedesaan Sumsel, dan tampaknya netizen melihat keberhasilan pembangunan di era Alex Noerdin dapat dijaga dan dikembangkan oleh Syahrial,” tutupnya. (ind)