Indopolitika.com   Wakil Ketua Umum DPP Demokrat, Max Sopacua mengatakan, dukungan fraksi partainya di DPR ke Prabowo Subianto-Hatta Rajasa adalah sikap resmi.

“Sikap fraksi adalah seperti tadi. Fraksi adalah kepanjangan dari partai. Ini sikap super resmi,” kata dia saat dikonfirmasi, Senin (16/6).

Anggota Komisi I DPR ini mengatakan, dukungan diberikan dengan pertimbangan kesamaan visi misi antara Prabowo-Hatta dengan Ketua Umum DPP Demokrat, SBY di pemerintahan.

Namun demikian, Max mengatakan, SBY tak mendukung pasangan yang diusung koalisi Merah-Putih tersebut. Sebab, bekas Menteri Koordinator Politik dan Keamanan itu masih menjadi presiden.

Walaupun SBY netral, menurut dia, dukungan FPD di DPR untuk Prabowo-Hatta tidak melanggar keputusan partai. Alasannya, dalam acara deklarasi di Hotel Crown Jakarta, pagi tadi dihadiri Ketua Harian Syarief Hasan.

“Dan yang lainnya di sana,” katanya.

Menurut bekas presenter olahraga di TVRI ini, deklarasi serupa dalam waktu dekat akan digelar kader Demokrat di daerah.

Sebelumya, Juru bicara Demokrat, Ruhut Sitompul mengatakan, dukungan FPD di DPR yang dikoordinatori Nurhayati Ali Assegaf tersebut, bukan sikap resmi partainya.

“Itu inisiatif masing-masing kader mengajak temannya. Apalagi, mereka-mereka sudah tidak terpilih lagi, siapa tahu kan mereka terpanggil jadi salah satu menteri, komisaris BUMN atau duta besar.”

“Kalau orang Betawi bilang, itu usahe-usahe. Dari 148 anggota FPD di DPR, hanya 37 orang yang bisa tinggal,” kata politikus asal Sumatera Utara ini. (*/ind)