Jakarta – Jelang Pilkada Jawa Timur 2018, PDI Perjuangan telah resmi mengusung pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas untuk maju dalam kontestasi pilkada.

Pasangan Gus Ipul- Abdullah Azwar Anas, resmi diumumkan sendiri oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. “Namanya Pak Saifullah Yusuf. Wakilnya, orangnya lincah. Namanya Abdullah Azwar Anas,” ujar Megawati di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

Megawati mengaku, sudah kenal dengan dia sejak lama. Sosok Gus Ipul- Azwar Anas sangat lekat di benaknya. Kedekatan Megawati dan Gus Ipul yang merupakan mantan Ketua GP Ansor itu pun tidak lepas dari sosok guru bangsa Abdurrachman Wahid atau Gus Dur.

“Saya kalau dengan Gus Dur kan pakai bahasa Jawa. (Gus Dur bilang) Mbak, ini anak ku. Tolong diajari ya, begitu,” ujar Megawati saat mengenalkan sosok Gus Ipul.

Selain itu, Megawati juga mengenalkan sosok Abdullah Azwar Anas juga demikian. Megawati ingat betul saat melintasi Banyuwangi, awal 2000-an. Ia melihat daerah tersebut seakan jauh dari pembangunan.

Sebelumnya, PDI Perjuangan juga  mengusung sosok Abdullah Azwar Anas sebagai calon bupati dalam Pilkada 2015 dan menang. Di tangan Abdullah, Banyuwangi menjadi kabupaten yang jauh lebih baik dari sebelumnya. “Dia ini betul-betul menjalankan konsep Trisakti Bung Karno,” pungkas Megawati. (Red)