Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengapresiasi pertemuan antara Presiden terpilih Joko Widodo dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan menilai keduanya merupakan tokoh hebat.

“Kunjungan silaturahmi Jokowi kepada Prabowo hari ini membuktikan bahwa mereka berdua adalah tokoh-tokoh Indonesia yang hebat,” kata Ahmad Basarah dalam pesan melalui telepon genggam di Jakarta, Jumat, 17/10).

Basarah mengatakan ciri-ciri pemimpin hebat adalah pemimpin yang selalu tanggap terhadap perkembangan situasi dan siap mengambil inisiatif untuk berbagai langkah penyelesaian masalah.

Dia mengatakan bagi Jokowi, beliau sadar bahwa tiga hari lagi akan menjadi Presiden bagi segenap rakyat Indonesia, bukan presidennya partai Koalisi Indonesia Hebat, PDI-P, apalagi presidennya orang Solo.

“Oleh karena itu, keputusannya untuk menemui tokoh-tokoh politik di luar pendukung KIH membuktikan Jokowi seorang yang berjiwa ksatria dan negarawan,” ujarnya.

Selain itu menurut dia, pertemuan itu bagi Prabowo dengan sukarela menerima kunjungan silaturahmi Jokowi adalah suatu sikap yg cerdas dan menunjukkan sikap kenegarawanannya. Hal itu menurut dia di tengah berbagai macam spekulasi publik akan adanya gangguan dalam proses pelantikan presiden tanggal 20 Oktober 2014.

“Bagi Jokowi, kompetisi pilpres sudah selesai dan pemilihan pimpinan DPR/MPR juga sudah selesai,” katanya.

Saat ini menurut dia, mulai bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing lembaga negara sebagaimana diatur dalam UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya.

“Sebagai bangsa besar, kita patut bersyukur bahwa para pemimpin kita telah memberikan contoh dan suri tauladan yang baik bagi pembangunan sistem demokrasi di Indonesia,” katanya. (ant)