Kemenangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) dalam Pemilihan Presiden 2014, berimbas pada perebutan kursi Menteri 5 tahun ke depan.

Salah satu putra terbaik Bangka Belitung (Babel), yakni Yusril Ihza Mahendra paling berpotensi masuk dalam bursa kabinet Jokowi Widodo-Jusuf Kalla.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Ketua DPD PDIP Babel Rustam Effendi kepada wartawan, Rustam mengakui dirinya sudah berapa kali dihubungi Yusril agar dapat dipertemukan dengan Megawati yang tak lain adalah Ketua Umum PDIP pengusung Jokowi-JK. Kata Rustam, sejauh ini sudah kali kedua Yusril melakukan komunikasi dengan dirinya.

“Ya memang kita sudah sekitar dua kali bertemu. Saya dan pak Yusril memang ada berbicara masalah menteri seperti itulah,” terang Rustam beberapa waktu lalu.

Kata Rustam, Yusril pada saat pada masa Megawati Sukarno Putri menjabat Presiden RI, juga menjadi menteri. Hal itu tentu akan menjadi pertimbangan. “Zaman Bu Mega kemarin Pak Yusril juga menteri kan,” katanya.

Melihat peta politik saat ini, ada kemungkinan Yusril untuk mendapatkan kursi menteri, bila Yusril intens melakukan komunikasi kepada Rustam apalagi Rustam adalah tokoh penting PDIP di daerah, sekaligus Yusril putra daerah. (jp/ind)