Indopolitika.com   Juru bicara pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla, Anies Baswedan, mengatakan, penampilan Jokowi pada Minggu (15/6/2014) cukup solid dan menampilkan beragam perincian langkah yang akan dia terapkan bila memenangi pemilu presiden.

“Penampilan membaik dibandingkan debat pertama,” kata Anies, Minggu, seusai debat. Dia mengatakan, Jokowi mampu menghadirkan konsep makro pada awal debat kedua ini dan memberikan rincian pada sesi-sesi selanjutnya.

“Ini menegaskan kalau Jokowi solid pada konten. Apalagi lawannya akui Pak Jokowi solid,” lanjut Anies. Dia memastikan pula bahwa dalam debat selanjutnya Jokowi akan terus menghadirkan data yang akurat dan program-program yang sudah dia jalankan selama menjadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Anies, Jokowi ingin publik menilai bahwa implementasi merupakan hal terpenting dalam segala kebijakan yang dia buat. “Pak Jokowi akan menekankan implementasi. Itu kunci memajukan perekonomian dan kesejahteraan selain menawarkan policy-policy,” ujar Anies.

Selain itu, Anies berpendapat, pernyataan penutup Jokowi dalam debat tersebut merupakan klarifikasi yang tegas bahwa calon presiden nomor urut dua ini bukanlah “capres boneka” seperti tuduhan yang banyak berembus selama ini.

Klarifikasi itu ada pada pernyataan bahwa Jokowi hanya akan tunduk pada konstitusi dan aspirasi rakyat Indonesia.