Penangkapan KPK di Karawang Juga Libatkan Anak Perusahaan PT Agung Podomoro Land


Indopolitika.com  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 5 orang yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi terkait suap perizinan tanah yang akan dijadikan perumahan mewah di kawasan Karawang, Jawa Barat pada Kamis 17 Juli 2014.

Selain Nurlatifah yang merupakan istri Bupati Karawang Ade Swara dan Lurah Cilamaya bernama Nana, penyidik juga turut mengamankan Chief Executive officer (CEO) PT Pesona Gerbang Karawang bernama Aking Saputra.

Saat dibawa penyidik ke Gedung KPK, Jumat (18/7/2014) dini hari, Aking Saputra yang ditangkap di salah satu pusat perbelanjaan di Karawang ini tampak pasrah. Aking yang mengenakan jaket hitam ini bahkan masih tampak tegar saat menaiki lift ke ruang pemeriksaan di Gedung KPK.

Sejauh ini, Aking diduga sebagai pihak swasta yang menyuap penyelenggara negara. Dalam hal ini Bupati Karawang Ade Swara guna memperoleh izin proyek pembangunan perumahan mewah yang akan dilakukan oleh PT Pesona Gerbang Karawang atau anak perusahaan pengembang properti  PT Agung Podomoro Land (APL).

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Juru Bicara KPK Johan Budi tidak membantahnya. Johan juga menjelaskan perkara ini terkait perizinan tanah di wilayah itu.

“Informasinya terkait perizinan tanah di sana,” kata Johan Budi.

Namun, lanjut Johan, kelima orang yang ditangkap tersebut hingga kini masih berstatus sebagai terperiksa. “Mereka masih diperiksa. Setelah itu baru ditentukan (statusnya),” pungkas Johan Budi.(el6/ind)

Next post Tuntut Mundur, Rumah Dinas Plt Gubernur Banten Rano Karno Disegel Mahasiswa

Previous post Hasil Audit PERSEPI Dinilai Melegakan

Related Posts