Perhelatan pilkada Sumatera Selatan sudah memasuki ambang kritis terutama bagi para bakal calon. Praktis tinggal tiga bulan waktu yang tersisa untuk melobby, merayu dan memohon agar dapat diusung partai politik untuk menjadi pasangan calon yang resmi terdaftar sebagai peserta pilkada di KPUD Sumsel. Partai politik sendiri memiliki kesibukannya masing-masing, semua menimbang dengan seksama hasil survei yang dilakukan lembaga-lembaga survei, figur mana yang cocok untuk diusung dan akankah punya potensi menang. Karena itulah boombardir berita hasil survei yang muncul ke khalayak menjadi bahan pembahasan semua pihak. Namun ada yang menarik dari itu semua yakni semua hasil survei yang dirilis menyatakan Herman Deru memiliki potensi menang paling tinggi.

Fenomena tingginya elektabilitas Herman Deru dipandang sebagai hal wajar oleh Katibul Umam, peneliti Konsepindo Research & Consulting. Menurutnya nyaris tidak ada tokoh yang konsisten menegaskan diri berhadapan dengan Alex Noerdin selain Deru. Kondisi demikian membuat Deru menjadi satu-satunya tokoh yang dipandang alternatif dari Alex Noerdin. “Jangan lupa bahwa dalam pilkada sebelumnya, persaingan kedua tokoh ini cukup keras, jadi seandainya para pemilih lama Deru solid saja, itu sudah merupakan modal yang tak sedikit,” demikian ujarnya saat dikontak redaksi.

Umam menambahkan, jika posisi elektabilitas Herman Deru trend-nya terus meningkat maka sangat mungkin partai politik akan mengusungnya. “Partai politik itu mau calon yang diusungnya menang. Itu rumus purba yang abadi. Jadi kalau dalam survei tiga bulan mendatang Deru terus berada di posisi pertama, saya menduga parpol-parpol akan mengusungnya, dan jangan lupa Deru pasti akan mati-matian, habis-habisan, tak akan mau jadi kalah lagi, ogah jadi pecundang,” pungkasnya.(Fid/AJ)