Indopolitika.com – Belasan Pengurus Anak Cabang (PAC) PPP dan Partai Bulan Bintang (PBB) mendeklarasikan dukungannya kepada capres dan cawapres Jokowi-JK, di Rumah Koalisi Indonesia Hebat, JL KH Soleh Iskandar, Komplek PAC PPP, kemarin.

Yang menghadiri deklarasi tersebut antara lain pengurus PAC Sukaraja, PAC Ciampe, PAC Bojong, PAC Ciseeng, PAC Parung, PAC Tajurhalang,PAC Gunungsindur, PAC Rancabungur, PAC Tanjungsari, PAC Cariu, PAC Babakanmadang.

Dan beberapa PAC dari PBB antara lain, PAC Sukaraja, Ciampea, PAC Bojong, PAC Gunungputri, PAC Rancabungur, PAC Parung, PAC Sukaraja.

Sikap politik yang mendukung Jokowi-JK tersebut terbentuk atas dasar inisiatif para ketua PAC. “ Kami lihat pasangan Jokowi-JK mumpuni dalam memimpin Indonesia ke arah lebih baik,” terang Ketua PAC PPP Ciseeng, Sahrum.

Menurutnya, keputusan untuk memilih prisiden dan wakil presiden merupakan pilihan nurani para ketua PAC dan tak berkaitan degan intruksi dari DPC atau bahkan DPP.

“Kami (PAC) punya hak untuk memilih siapa yang lebih pantas,” ujarnya. Karenanya, tanpa mengantungi restu DPC, para ketua PAC tersebut membulatkan tekat untuk mengikuti deklarasi tersebut.

Senada, Ketua PAC Sukara, Rindwan Saputra mengatakan dirinya mengikuti deklarasi dukungan tersebut lantaran melihat Jokowi-JK menjadi capres yang diharapkan oleh masyarakat Bogor.

“Kita lihat suara akar rumput. Mayoritas menghendaki Jokowi-JK menjadi presiden. Karena itu, kami pun turut mengambil sikap politik,” ujarnya.

Dikatakan Ridwan, meskipun tak mendapat intruksi dari DPC PBB Kabupaten Bogor, para pengurus PAC PBB yang datang akan mempersiapkan surat imbauan kepada para pengurus dan para anggota untuk menentukan pilihannya kepada Jokowi.

“Kita akan intruksikan semua anggota PAC dan para kader untuk memilih pasangan ini. Semua untuk indonesia yang lebih baik,” terangnya.

Fenomena tersebut mendapat respon dari para ketua DPC. Saat di hubungi, Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor, Ade Munawaroh memastikan para pengurus PAC tidak akan melalukan hal tersebut. “Tidak ada ketua PAC yang berjalan sendiri-sendiri. Semua akan ikut intruksi dari partai,” kata Ades melalui pesan singkat.

Sementara, Ketua Bapilu PBB, Sinwan ZE menerangkan partainya tidak pernah memberikan intruksi kepada para ketua PAC. “ Kami tidak pernah intruksikan,” terang Sinwan. (Ind/jp)