Politisi PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono terkait RUU Pilkada di laman Youtube.com, merupakan angin segar bagi demokrasi di Tanah Air.

“Itu sesuatu yang sangat baik, dan menjadi angin segar dalam demokrasi,” kata Hasto di Jakarta, Senin, (15/9).

Menurut Hasto, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum DPP, sekaligus Ketua Majelis Tinggi dan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat tentunya memiliki pengaruh signifikan pada suara Fraksi Demokrat di parlemen.

“Dalam konteks itu seluruh Fraksi Demokrat juga akan mendukung, sehingga muncul kekuatan yang akan memperjuangkan hak rakyat,” nilai Hasto.

Hingga saat ini PDIP masih terus berupaya berkomunikasi dengan partai lain di parlemen terkait RUU Pilkada.

Sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono mengunggah pernyataannya melalui laman Youtube.com, dan mengatakan partainya masih berpikir keras untuk menentukan sikap apakah mendukung penyelenggaraan kepala daerah langsung oleh rakyat atau melalui DPRD.

DPR sendiri saat ini masih melakukan pembahasan RUU Pilkada yang didalamnya akan diatur mekanisme pemilihan kepala daerah secara langsung oleh rakyat atau dikembalikan kepada DPRD. (ant)