PPP dan PAN, parpol anggota Koalisi Merah Putih menghadiri acara Rakernas IV PDIP di Semarang di tengah persiapan Jokowi-JK menyusun kabinet baru. Adakah jatah kursi menteri untuk dua parpol itu?

Rakernas IV PDIP memang dihadiri dua parpol Koalisi Merah Putih yakni PAN yang mengutus Waketum Drajad Wibowo dan Tjatur Sapto Edy. Sementara utusan PPP yang datang adalah Plt Ketum Emron Pangkapi dan Wasekjen Isa M.

Emron usai pembukaan Rakernas mengatakan kehadirannya merupakan tradisi politik untuk bersilaturahmi antar parpol.

“Khusus PDIP memang kami mempunyai hubungan historis cukup panjang, terutama ketika Ibu Megawati sebagai presiden dan Pak Hamzah Haz sebagai wapres. Karena itu diantara tokoh tokoh memiliki hubunga yang baik, silaturahmi terus berlanjut, sehingga dimanapun posisi kami berada selalu membangun silaturahmi sebagai tokoh dan pimpinan partai,” jelas Emron.

Namun Emron menolak kehadirannya di Rakernas sebagai pertanda akan berlabuhnya PPP menjadi parpol pendukung Jokowi-JK. “Saya tidak menyatakan hal semacam itu. Karena PPP itu mempunyai tata cara mekanisme keputusan, mekanisme keputusan sifatnya nasional, melalui muktamar. Kehadiran saya tidak mempengaruhi keputusan politik PPP karena saya hanyalah Plt. Sementara keputusan politik harus diambil melalui musyawarah nasional,” ujar Emron.

Sedangkan Drajad Wibowo tegas mengatakan partainya berada di Koalisi Merah Putih. “Jadi saya tegaskan PAN tetap berada di KMP tidak berubah posisinya namun kita ingin tunjukkan kepada masyarakat bahwa perbedaan politiktidak boleh menjadi perpecahan,” katanya. (dtk/ind)