Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono – Sylviana Murni memaparkan 10 program unggulan dalam pidato politik pertama di Jakarta, Minggu, (30/10/2016).

Program 1 adalah bantuan langsung kepada golongan miskin dan kurang mampu yang meliputi bantuan langsung untuk meningkatkan daya beli rakyat, bantuan langsung untuk balita dan lansia serta penguatan jaring pengaman sosial yang lain.

Agus saat berpidato di hadapan lebih dari seribu simpatisan, tim kampanye, tokoh agama dan tokoh politik mengatakan jika program itu dijalankan secara serius, maka kemiskinan akan jauh menurun dari 3,75 persen saat ini menjadi 2,75 persen dalam lima tahun yang akan datang. Ketimpangan juga akan menurun dari index gini 0,41 menjadi 0,35.

Program 2 adalah pengurangan pengangguran dan penciptaan lapangan kerja yang meliputi pelatihan kerja dan kewirausahaan, bantuan dana bergulir, pengembangan koperasi dan UMKM serta pengembangan ekonomi berbasis komunitas.

Program 3 adalah peningkatan pendidikan dan kesejahteraan guru yang meliputi peningkatan besaran Kartu Jakarta Pintar, peningkatan beasiswa miskin, peningkatan beasiswa prestasi, bantuan pendidikan sekolah negeri, swasta serta madrasah dan agama lainnya, termasuk peningkatan kesejahteraan guru-gurunya dan mendirikan SMA Unggulan gratis untuk siswa keluarga miskin.

Program 4 adalah peningkatan kesehatan yang meliputi peningkatan besaran Kartu Jakarta Sehat, pembebasan iuran BPJS layanan kategori kelas 3, penambahan Puskesmas dan Posyandu, termasuk fasilitas rawat inap di Puskesmas serta penambahan mobil ambulans dan pengadaan motor ambulans agar bisa menembus kemacetan dan memasuki gang-gang yang sempit.

Program 5 adalah peningkatan pertumbuhan ekonomi, investasi dan stabilisasi harga yang meliputi investasi, termasuk untuk pangan, energi dan air bersih, menjaga daya beli rakyat dan menstabilisasi harga, termasuk operasi pasar jika diperlukan.

Program 6 adalah peningkatan pembangunan infrastruktur dan perumahan, antara lain percepatan dan penambahan infrastruktur jalan, peningkatan prasarana perumahan rakyat dan peningkatan prasarana air bersih.

Program 7 , menjadikan Jakarta sebagai kota pintar, kreatif dan ramah lingkungan merupakan yang antara lain penambahan transportasi publik dan manajemen lalu lintas untuk mengurangi kemacetan, pelayanan publik yang cepat, berkualitas dan murah, pengelolaan sampah dan konversi ke energi listrik dan pembangunan RTH.

Program 8 adalah peningkatan keamanan kota dan kerukunan warga, programnya antara lain pemeliharaan keamanan lingkungan dan pemeliharaan toleransi dan kerukunan masyarakat.

Program 9 adalah penegakan hukum dan keadilan bagi semua Justice For All yang meliputi pemberantasan korupsi tanpa tebang pilih, patroli keamanan serta pemberantasan narkoba.

Program 10 adalah peningkatan kualitas pemerintahan dan birokrasi. Program ini meliputi pembangunan good governance dan birokrasi yang responsif,” tutur Agus.

Pilkada DKI Jakarta 2017 diikuti tiga kandidat pasangan calon. Mereka antara lain nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat serta nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Masa kampanye diberlakukan mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017. (ant)