Bandung – Indo Barometer membocorkan tiga nama yang tengah digodok PDIP untuk Pilgub Jabar 2018. Tiga nama itu yakni Dedi Mulyadi, Anton Charliyan dan Iwa Karniwa.

Sebelumnya PDIP menggelar ‘curah gagasan’ dengan mengundang sejumlah tokoh sekaligus bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar. Kabar terbaru, di antara tokoh yang hadir sudah mengerucut menjadi tiga nama.

“Awalnya ada 10 orang, tapi update tadi malam sudah ada tiga nama yang mengerucut didukung oleh PDIP. Ada Dedi Mulyadi, Anton Charliyan dan Iwa Karniwa. Wakilnya masih belum jelas,” ungkap Perwakilan Indo Barometer Hadi Suprapto di Hotel Aston, Jalan Braga, Kota Bandung, Seperti yang dikutip dari laman Detik.com Jumat (3/11/2017).

Ia menuturkan informasi mengenai tiga nama yang tengah digodok DPP PDIP didapat melalui berbagai sumber internal. Terlebih ketiga nama itu memang kerap dikait-kaitkan dengan partai berlambang banteng moncong putih.

“(Informasi) itu dari berbagai sumber, jaringan elit atau telusuran di media. Yang menurut kita kuympulkan, ada tida nama itu,” jelas dia.

Menariknya dari tiga nama yang tengah digodok oleh DPP PDIP tidak ada kader internal. Dengan begitu, kemungkinan besar partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menempatkan kadernya di posisi kedua.

“Tidak ada nama kader sebagai cagub itu karena pasangan wakilnya itu dari kader nanti,” tutur dia.

Dia mengatakan dari tiga nama yang tengah digodok DPP PDIP peluang untuk bersaing dengan figur lainnya cukup berat. Terlebih sejuah ini hanya Dedi Mulyadi yang cukup potensial.

“Kalau menurut mereka (PDIP) berharap tiga nama ini memenangkan, tapi kalau dari data (survei) masih berat. Popularitas masih jauh dari figur lain,” kata Hadi.