Jakarta – Menjelang masa pendaftaran Pilgub Sumsel, PDIP belum menentukan siapa kandidat yang akan diusungnya. Namun ada nama-nama yang semakin menguati di pasaran dan besar kemungkinan diusung oleh PDIP.

Nama pertama yang diisukan akan diusung PDIP di PIlgub Sumsel adalah Ketua DPD PDIP Sumsel Giri Ramanda Kiemas yang dari namanya saja sudah terlihat sebagai kerabat dekat almarhum Taufiq Kiemas yang tak lain adalah suami Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Giri Ramanda pun menyatakan siap ikut arahan DPP PDIP, entah jadi cagub ataupun cawagub Sumsel. Saat ini ia masih menunggu restu Megawati Soekarnoputri selaku Ketum PDIP.

“Kita tunggu keputusan Ketua Umum dan tidak boleh ribut di bawah. Saya dari awal sudah sampaikan, jadi gubernur siap, wakil siap, dan tidak maju juga saya siap. Karena di PDIP itu kami punya prinsip berkeinginan boleh, tapi kehendak tidak boleh,” ujar Giri saat menghadiri pelantikan Bupati Banyuasin di ruang Bina Praja Pemprov Sumsel, seperti yang dikutip dari Laman Detik.com Selasa (3/10/2017).

Nama kedua dari PDIP yang masuk bursa cagub dan cawagub Sumsel adalah Wali Kota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah. Irwansyah pernah diusung PDIP di Pilkada serentak 2017, tepatnya sebagai Cawagub Bangka Belitung.

Kini setahun berselang nama Irwansyah kembali muncul di survei. Ia juga dilirik jadi kandidat pendamping cagub Sumsel terkuat saat ini, eks Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Herman Deru. Ia juga sudah mendapatkan rekomendasi dari PAN.

“Yang jelas saya cocok dengan tokoh yang chemistry sudah terbangun (untuk cawagub), itu paling utama. Ditambah juga yang bisa membantu pendulangan suara. Kita welcome semua, salah satunya Irwansyah (Wali Kota Pangkalpinang -red),” kata Herman kepada wartawan, Selasa (3/10/2017).

“Intinya yang konkret mengikat. Beberapa orang sudah komunikasi, saya memandang Irwansyah dan semua punya kredibilitas dan kapabilitas untuk maju, yang pasti bisa mendulang suara, punya political support dalam hal dukungan parpol,” katanya melanjutkan bicara soal sosok cawagub idealnya.

Irwansyah sendiri juga sudah menyatakan siap diberi mandat partai untuk maju di Pilgum Sumsel. Ia juga terus melakukan safari politik menatap Pilgub Sumsel.

“Kalau dipercaya oleh partai saya prinsipnya siap mengabdikan diri di tanah leluhur. Asal leluhur Ibu saya Nyimas Djamila dari Lematang Sumatera Selatan,” kata Irwansyah yang juga Bendahara DPD PDIP Bangka Belitung ini dalam perbincangan dengan wartawan, Kamis (12/10/2017).

Sembari mempersiapkan Pilgub Sumsel, Irwansyah juga sedang mempersiapkan kejuaraan dunia bergengsi yang sudah sukses dilaksanakan di Pangkalpinang tahun lalu, yakni MXGP. Pada awal Oktober 2018 kemarin Irwansyah terbang ke Inggris untuk melakukan evaluasi penyelenggaraan even MXGP yang sudah diselenggarakan di Pangkalpinang tahun ini. Pertemuan di Inggris membawa hasil positif.

“Rencananya Pangkalpinang akan kembali menggelar MXGP pada 30 Juni 2018. Satu seri lagi akan digelar di Semarang ada 7 Juli 2018. Saya akan berkoordinasi dengan Walkot Semarang terkait hal ini,” ungkapnya.

Lalu siapa yang bakal diusung PDIP di Pilgub Sumsel?

Simak peta kekuatan terkini Pilgub Sumsel berdasarkan hasil survei Polmark terakhir di bulan September 2017 sebagai berikut:

Herman Deru: 14,2%
Syahrial Oesman: 6,2%
Dodi Reza Alex: 4,4%
Saifudin Aswari Rivai: 2,8%
Eddy Santana Putra: 2,3%
Ishak Mekki: 2,1%
Susno Duadji: 0,6%
Alex Nurdin: 0,4%
Iskandar M Sahil: 0,3%
Iskandar Hasan: 0,3%
Mawardi Yahya: 0,3%
Riduan Effendi: 0,3%
Giri Ramanda Kiemas: 0,2%
Iqbal Romzi: 0,2%
Ridwan Mukti: 0,2%
Irwansyah Sofyan Rebuin: 0,1%
Muzakir Sai Sohar: 0,1%
Harnojoyo: 0,1%
Rahasia: 4,1%
Tidak tahu/tidak menjawab: 61%