Kelompok Diskusi Demokrasi Sumsel (KoDDeS) kembali menggelar diskusi politik bertajuk “Pilkada Serentak 2017 Di Sumsel: Peta Kekuatan Dan Prospeknya”. Acara tersebut digelar di Bingen Caffe, Kota Palembang, Selasa, (9/11).

Diskusi tersebut menyimpulkan bahwa Pilkada 2017 yang akan digelar di Kabupaten Musi Banyuasin akan berlangsung mulus dan tanpa tantangan berarti. Pasangan Doddy-Beni diaproksimasi akan memenangkan pilkada dengan mudah.

Husnul Khotimah, sekretaris pelaksana KoDDes menyampaikan bahwa menurut kajian yang dilaksanakan lembaganya, kemungkinan pilkada Muba akan menjadi batu loncat buat Dodi Reza Alex Noerdin untuk mencalonkan diri sebagai gubernur di Pilkada Sumsel 2018.

“Kemungkinan ke arah itu ada dan mudah dibaca. Bahkan akan menggunakan kendaraan parpol apa sudah bisa diprediksi dengan melihat peta pasangan di Muba,” demikian ujar Husnul kepada media.

Lebih lanjut Husnul menjelaskan, jika Doddy terpilih menjadi Bupati Muba, masih ada waktu beberapa bulan untuk mempersiapkan pilkada Sumsel 2018.

“Terlihat seperti mustahil, namun itu mudah saja dilakukan jika mau,” ujarnya.

Husnul menambahkan, dengan memasukan kemungkinan Doddy Reza Alex sebagai salah satu kontestan di Pilkada Gubernur Sumsel 2018 maka peta kekuatan menjadi menarik.

“Doddy Alex akan head to head sama Herman Deru, pertempuran lama berulang. Hanya jika diibaratkan main catur, Deru sekarang sedang memegang warna putih dan Doddy warna hitam. Mereka lawan sepadan,” pungkasnya.