Palembang | Beberapa hari yang lalu, Lembaga Survei Stratak Indonesia merilis survei opini publik pilkada Kota Palembang. Dalam rilisnya, tingkat keterpilihan para bakal calon, sebagaimana diberitakan media massa adalah sebagai berikut:

1. Sarimuda, 27,0 persen.

2. Harnojoyo, 20,3 persen.

3. Mularis Djahri, 17,9 persen.

4. Lury Elza Alex, 8,7 persen.

5. Fitrianti Agustinda, 6,8 persen.

6. Gabungan bacalon lain: 7,6 persen

7. Undecided Voters: 11,7 persen

 

Menanggapi rilis survei tersebut, pengamat dan peneliti pemilu Riza Chalil mengatakan setidaknya ada 3 figur yang memiliki basis dukungan yang kuat yang terungkap dari rilis tersebut yaitu Sarimuda, Harnojoyo dan Mularis. Riza mengamati, para figur tersebut memiliki kemungkinan besar untuk bertarung satu sama lain. “Harnojoyo sudah pasti berpasangan dengan Fitrianti Agustinda, ini adalah pasangan petahana. Kemudian Mularis kemungkinan besar berpasangan dengan Lury Elza Alex, puteri Gubernur Sumsel menjabat. Sementara Sarimuda banyak disebut akan berpasangan dengan Abdul Razak. Jika para paslon itu fix berhadapan maka Pilkada Kota Palembang 2018 akan berlangsung seru,” ujarnya kepada media.

 

Merujuk pada berbagai rilis survei banyak lembaga survei yang sudah dipublis di media massa dan juga survei internal lembaganya, Riza Chalil mengatakan potensi kemenangan cukup besar berada di tangan pasangan Mularis-Lury Elza Alex. “Ada banyak faktor yang mendasari analisis ini utamanya dengan menggunakan analisis SWOT. Hasilnya Mularis-Lury lebih banyak unggul pada dukungan parpol, basis massa, pendanaan dan struktur kekuasaan. Jangan lupa, Lury itu puteri Pak Gubernur. Kita tahu Pak Alex itu petarung, tidak mungkin puterinya mencalonkan untuk kalah. Pasti akan berjuang sekuat tenaga untuk menang,” ungkapnya.

 

Riza menambahkan, Mularis juga punya kekuatan yang tak bisa dipandang sebelah mata. “Dia ketua parpol tingkat provinsi, dia juga pengusaha. Pasti telah siap untuk pendanaan kampanye pemenangan dan yang tak kalah penting, dia punya jaringan pemenangan sampai lapis bawah,” ujarnya.