Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo dijadwalkan digelar April 2015. Sejumlah persiapan sudah mulai dilaksankan pada tahun ini. Pada Rancangan APBD Perubahan (RAPBD) 2014 yang akan disahkan Senin (11/8/2014), Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) setempat mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 411 juta.

Ketua Panwaslu Sri Sumanta menjelaskan, anggaran tersebut dibutuhkan untuk melaksanakan rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Petugas Pengawas Lapangan (PPL). Proses rekrutmen sendiri dijadwalkan akan dimulai pada November tahun ini.

“Panwascam yang ada saat ini akan berakhir masa tugasnya pada September nanti. Karenanya, kami perlu merekrut kembali personil yang mengisi posisi tersebut. Tahapannya dimulai pada pertengahan November mendatang. Dari tiap kecamatan akan direkrut tiga personil Panwascam,” terang dia, Sabtu (9/8/2014).

Sementara untuk rekrutmen PPL akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada. Menurutnya, jika belum memungkinkan, maka baru akan diseleksi pada tahun depan.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo juga bersiap melaksanakan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di lima wilayah. Masing-masing beranggotakan lima orang. Begitupun untuk seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 51 kelurahan juga dilaksanakan bersamaan. Masing-masing beranggotakan tiga orang. KPU sendiri pada Tahun Anggaran 2014 mendapat alokasi dana total sebesar Rp 2,3 miliar. (js/ind)