Indopolitika.com Kalangan purnawirawan jenderal TNI ramai-ramai memberi dukungan kepada pasangan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) dan Prabowo-Hatta. Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso `pede` banyak kalangan pernawirawan TNI yang mendukung Jokowi-JK dibanding ke Prabowo-Hatta.

“Terbagi dua (dukungan eks TNI). Hitung-hitungan lebih banyak (dukungan ke) kita, ada mantan KSAD, KSAL, KSAU, Kapolri. Tidak satu jumlahnya. Mantan kabin. Sebenarnya kalau dikumpulkan banyakan kita,” tutur Sutiyoso usai deklarasi dukungan PKPI ke Jokowi-JK di kantor DPP PKPI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (22/5/2014).

Namun begitu, Sutiyoso mengatakan penyebaran dukungan eks TNI dan Polri ke Jokowi dan Prabowo tidak menunjukkan permusuhan. “Kita semua teman enggak ada musuh. Berlomba secara fair,” kata Sutiyoso.

Capres PDIP Jokowi yang hadir dalam deklarasi itu mengatakan, dukungan PKPI ke duet Jokowi-JK cukup besar. Menurutnya, ada sekitar 3 juta anggota PKPI dari daerah hingga pusat yang akan memberikan dukungan kepada Jokowi-JK.

Jokowi juga mengungkapkan, mantan kandidat capres konvensi Partai Demokrat Anies Baswedan resmi bergabung mendukung pencapresannya.

“Anies Baswedan. Rekam jejak jelas. Nanti akan kita sampaian pada waktunya,” tuturnya.