Indopolitika.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkeyakinan proses Pemilihan Presiden bisa berjalan dengan aman walaupun ada gugatan hasil Pilpres dari pihak Prabowo Subianto-Hatta Rajasa ke Mahkamah Konstitusi Jumat sore.

“Saya sampaikan ke Mahkamah Konstitusi untuk bisa proses apa yang akan disampaikan pasangan Prabowo dan Hatta Rajasa dan ini sesuatu yang tidak luar biasa, ” kata Presiden dalam wawancara yang diunggah ke situs Youtube, Sabtu, (26/7/2014).

“Ingat dalam Pilpres 2009 dulu, baik pasangan Ibu Megawati dan Pak Prabowo maupun pasangan Pak Jusuf Kalla dan Pak Wiranto juga tidak menerima hasil yang diumumkan KPU dan membawanya ke Mahkamah Konstitusi. Mahkamah Konstitusi juga proses dengan transparan dan bertanggung jawab,” sambung Yudhoyono.

Presiden menyatakan mendukung dan berharap MK menangani masalah ini dengan baik dan adil. “Mari kita berikan pengawasan pada MK agar yang dilakukan tepat sesuai harapan kita semua,” kata Yudhoyono.

Meski ada gugatan ke MK, Presiden meyakini semua proses akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan rakyat.

“Yang penting sebagaimana disampaikan Pak Prabowo, masa pendukung dan konstituen tenang sambil hormati proses yang ditempuh melalui Mahkamah Konstitusi. Jadi pesan dan komentar saya, tetap punya keyakinan agar segala sesuatunya bisa diproses dengan baik,” katanya.

“Yang penting regularitas demokrasi bisa dijaga, kalau pergantian pemerintahan itu bisa kita jaga dan tepati, artinya 20 Oktober mendatang betul-betul bisa akhiri menjalankan roda pemerintahannya dan presiden baru dengan pemerintahannya bisa mulai,” kata Presiden. (ant/ind)