Indopolitika.comKetua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto memuji sikap para pemimpin partai politik yang mendukung dirinya sebagai bakal calon presiden dan Hatta Rajasa sebagai bakal calon wakil presiden. Prabowo menyebut mereka sebagai negarawan.

Pujian itu disampaikan Prabowo dalam acara deklarasi dukungan dari enam parpol di Rumah Polonia, Jalan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Senin (19/5/2014) sore. Selain Gerindra, lima parpol lain yang ikut mendukung Prabowo-Hatta ialah Partai Golkar, PAN, PPP, PKS, dan PBB.

Prabowo bercerita, dengan hasil pemilu legislatif kemarin yang tidak berbeda jauh, sulit menentukan cawapres untuk mendampinginya. Ia menilai banyak kader hebat dari setiap parpol pendukung sehingga sulit memilih apabila tidak ada jiwa besar dan negarawan dari para pemimpinnya.

Prabowo memberi contoh ketika Ketua Dewan Syura PKS Hilmi Aminuddin menyodorkan tiga tokoh pemenang Pemilu Raya PKS, yakni Anis Matta, Hidayat Nur Wahid, dan Ahmad Heryawan, untuk menjadi cawapresnya.

“Tetapi, apabila Bapak pilih yang lain, kami tidak keberatan,” kata Prabowo menirukan ucapan Hilmi. “Luar biasa sifat-sifat negarawan seperti itu,” tambah Prabowo.

Prabowo juga memuji Ketua Umum PPP Suryadharma Ali yang menyampaikan dukungan tanpa syarat. Begitu pula dengan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, yang baru hari ini resmi memberikan dukungan setelah gagal berkoalisi dengan Partai Demokrat dan poros pendukung Joko Widodo.

“Beliau (Aburizal) tokoh yang punya rekam jejak baik, pemimpin parpol kedua terbesar, tapi bersedia mendukung saya. Ini sesuatu yang tidak dibayangkan oleh pengamat-pengamat,” kata mantan Danjen Kopassus itu.

Dalam sambutannya, Prabowo mengaku bersama Hatta akan menyusun kabinet yang terdiri dari putra terbaik jika terpilih nanti. “Kita tidak hitung-hitungan partai mana dapat berapa kursi. Tidak ada ketua (parpol) bicarakan itu,” ucap Prabowo. (Ind/kps)