Presiden Joko Widodo kembali menegaskan sikapnya atas polemik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Menurut Jokowi, pilkada langsung sudah tak bisa ditawar lagi.

“Sebagai Presiden RI saya akan menjalin komunikasi politik yang lebih intensif dengan parlemen untuk saling menyetujui kesepakatan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014,” tulis Jokowi dalam akun Facebook pribadinya yang diunggah pada Kamis (4/12).

Jokowi menyebutkan, pada prinsipnya Pilkada langsung tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jokowi mengibaratkan pilkada langsung sebagai buah paling manis dalam demokrasi Indonesia.

“Kalau Pilkada Langsung dibredel kemudian digantikan Pilkada Tidak Langsung, rakyat seakan-akan diikat untuk menonton panggung politik, dimana rakyat diasingkan dari hak-hak nya berdemokrasi,” tuturnya.

Menurut Jokowi, dengan pilkada langsung akan didapatkan pemimpin yang paham dengan kondisi masyarakat. “Dengan pilkada langsung, pelan-pelan akan kita dapatkan pemimpin yang secara organik tumbuh di dalam masyarakat dan paham atas situasi-situasi yang berkembang di tengah masyarakat,” pangkasnya. (jp/ind)